5 Wisata Kuliner Khas Aceh Tamiang, Tradisional dan Memiliki Khas Cita Rasa sendiri

5 Wisata Kuliner Khas Aceh Tamiang

Kuliner Khas Aceh Tamiang – Kuala Simpang merupakan salah satu kota di Aceh Tamiang yang memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Kuliner-kuliner tersebut merupakan perpaduan antara cita rasa Melayu dan Aceh yang menjadikannya unik dan menarik.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Aceh Tamiang Kuala Simpang yang wajib Anda coba:

  • Bubur Pedas

Bubur Pedas adalah salah satu kuliner khas Aceh Tamiang yang paling populer. Bubur ini terbuat dari beras, santan, dan berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, cabai merah, sereh, dan lengkuas. Bubur Pedas memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, serta kaya akan rempah-rempah.

  • Rujak Aceh

Rujak Aceh adalah salah satu kuliner khas Aceh yang juga populer di Aceh Tamiang. Rujak ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan segar, seperti mangga, bengkuang, nanas, dan pepaya. Rujak Aceh biasanya disajikan dengan sambal rujak yang terbuat dari cabai, bawang merah, dan gula merah.

  • Mie Sop Mas Bram

Mie Sop Mas Bram adalah salah satu tempat makan bakso legendaris di Aceh Tamiang. Mie Sop Mas Bram terkenal dengan kuah kaldu gurih khas pedesaan yang legendaris. Mie Sop Mas Bram juga memiliki berbagai macam topping yang bisa dipilih, seperti bakso, pangsit, dan telur.

  • Bakso Nanda Vyola

Bakso Nanda Vyola adalah salah satu tempat makan bakso yang terkenal dengan variasi bakso terbarunya yang konsisten. Bakso Nanda Vyola memiliki berbagai macam bakso unik, seperti bakso keju, bakso telur puyuh, dan bakso udang.

  • Kue Marke

Kue Marke adalah salah satu makanan khas Melayu yang populer di Aceh, terutama di Aceh Tamiang. Kue Marke memiliki bentuk yang mirip dengan akar kelapa, namun tidak ada bagian dari kelapa atau akar kelapa yang digunakan dalam pembuatan kue ini. Kue Marke terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan.

Selain kuliner-kuliner di atas, masih banyak lagi kuliner khas Aceh Tamiang Kuala Simpang yang bisa Anda coba. Anda bisa menemukan berbagai macam kuliner khas Aceh Tamiang di Pasar Kuliner Malam Kuala Simpang. Pasar Kuliner Malam Kuala Simpang buka setiap malam mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati wisata kuliner di Aceh Tamiang Kuala Simpang:

  • Datanglah pada waktu yang tepat

Setiap kuliner khas Aceh Tamiang memiliki waktu yang tepat untuk disantap. Misalnya, Bubur Pedas paling enak disantap saat pagi hari, sedangkan Rujak Aceh paling enak disantap saat siang hari.

  • Cobalah berbagai macam kuliner

Jangan hanya mencoba satu kuliner saja, cobalah berbagai macam kuliner khas Aceh Tamiang untuk merasakan cita rasanya yang unik dan menggugah selera.

  • Belajarlah tentang kuliner Aceh Tamiang

Sebelum mencoba kuliner Aceh Tamiang, sebaiknya Anda belajar tentang kuliner tersebut, mulai dari bahan-bahan yang digunakan hingga cara membuatnya. Hal ini akan membuat Anda lebih menikmati kuliner tersebut.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda pasti akan mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang tak terlupakan di Aceh Tamiang Kuala Simpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *