5 Kuliner Khas Binjai: Menikmati Kelezatan Makanan Khas Daerahnya

5 Kuliner Khas Binjai: Menikmati Kelezatan Makanan Khas Daerahnya

BAGASTRAVEL – Kota Binjai, yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan ragam kuliner khas yang lezat dan unik. Di antara berbagai pilihan 5 kuliner khas Binjai, yang patut dicoba adalah Rambutan Binjai dan Tau Kua Heci, bersama dengan pesona khas Mie Sop Ayam Baruna, Nasi Goreng Merah, Kue lepat.

1. Rambutan Binjai: Manisnya Buah, Keindahan Kota

Rambutan Binjai bukanlah sekadar buah, tetapi merupakan lambang kekayaan alam Kota Binjai. Meskipun secara visual tidak terlalu berbeda dengan rambutan umumnya, Rambutan Binjai memikat dengan cita rasa manisnya, daging yang kenyal, dan kemudahan melepaskan daging dari bijinya. Kota Binjai dijuluki sebagai kota rambutan, menggarisbawahi keberlimpahan pohon rambutan yang menjadi ciri khasnya.

Ketika mengunjungi Binjai, disarankan untuk mencoba langsung atau membawa pulang Rambutan Binjai sebagai oleh-oleh. Meskipun dapat ditemui di tempat lain, membelinya langsung dari daerah asalnya memberikan sensasi dan kenangan tersendiri. Harganya sekitar Rp 19.000,- per kilogram, membuatnya terjangkau dan layak dinikmati.

2. Tau Kua Heci: Kuliner Peranakan yang Menggoda Selera

Tau Kua Heci adalah sajian kuliner peranakan Tionghoa yang telah diadaptasi untuk memenuhi selera masyarakat Binjai. Kombinasi tahu, berbagai sayuran, dan lauk berbahan dasar udang menciptakan hidangan yang unik. Keistimewaan Tau Kua Heci terletak pada kuahnya yang lezat, dengan perpaduan saus tomat dan berbagai bumbu khas.

Hidangan ini biasanya dijual dengan harga Rp 18.000,- hingga Rp 30.000,- per porsi dan dapat ditemukan di warung pinggir jalan di Kota Binjai. Menikmati Tau Kua Heci dalam keadaan hangat adalah pilihan tepat bagi yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Binjai.

3. Mie Sop Ayam Baruna: Kesegaran Cita Rasa Khas Binjai

Mie Sop Ayam Baruna menjadi pilihan berikutnya untuk menyelami kelezatan kuliner Binjai. Mie ini menawarkan cita rasa lezat dan khas dengan kuah yang segar. Rempah-rempah unik yang digunakan dalam pembuatannya menambahkan sentuhan istimewa yang sulit ditemui di tempat lain.

Satu porsi Mie Sop Ayam Baruna terdiri dari daging ayam suwir, bihun, mie kuning, dan kuah yang sangat lezat. Harga yang terjangkau, sekitar Rp 8.000,- per porsi, menjadikannya pilihan yang ramah di kantong. Untuk pecinta makanan pedas, tambahkan sambal untuk pengalaman rasa yang lebih menantang.

Mencicipi kuliner khas Binjai, dengan keunikan dan kelezatannya, dijamin akan membuat siapa pun ketagihan. Kota Binjai bukan hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga mengundang penikmat kuliner untuk menjelajahi berbagai cita rasa lezat yang menjadi identitasnya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan kuliner Binjai saat berkunjung ke kota ini.

4. Sambut Kelezatan Nasi Goreng Merah Binjai: Cita Rasa Pedas yang Menggoda

Tak hanya terkenal dengan Rambutan Binjai, Tau Kua Heci, dan Mie Sop Ayam Baruna, kota ini juga menyajikan kelezatan lain yang tak boleh dilewatkan, yaitu Nasi Goreng Merah Binjai. Menggabungkan rasa pedas yang menggoda dengan keunikan bumbu rempah, Nasi Goreng Merah Binjai menjadi pilihan yang memikat bagi para penikmat kuliner.

Nasi Goreng Merah Binjai dihidangkan dengan warna khas merah dari campuran saus pedas yang melimpah. Beberapa warung makan di Kota Binjai menghidangkan hidangan ini dengan tambahan telur mata sapi dan potongan daging ayam yang lezat. Harganya yang terjangkau, sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 25.000,- per porsi, membuatnya menjadi sajian yang diminati oleh banyak orang.

5. Cicipi Kelezatan Kue Lepat Binjai: Manis dan Gurih dalam Setiap Gigitan

Tidak hanya menghadirkan kelezatan hidangan berat, Kota Binjai juga menawarkan keunikan di dunia kue tradisional dengan Kue Lepat Binjai. Kue ini terbuat dari bahan dasar ketan dan kelapa parut yang memberikan sentuhan manis dan gurih dalam setiap gigitannya. Kue Lepat Binjai sering dijumpai dalam berbagai acara tradisional dan menjadi camilan favorit masyarakat setempat.

Cita rasa gurih kelapa parut yang dipadukan dengan manisnya ketan membuat Kue Lepat Binjai cocok dijadikan oleh-oleh atau sajian pembuka setelah menikmati hidangan utama. Harga per biji kue biasanya berkisar antara Rp 3.000,- hingga Rp 5.000,-, tergantung pada ukuran dan variasi isian yang ditawarkan.

Dengan kekayaan kuliner yang beragam, Kota Binjai menjadi destinasi yang menarik bagi para pencinta kuliner. Dari Rambutan Binjai yang manis hingga Nasi Goreng Merah yang pedas, serta Kue Lepat yang gurih, setiap hidangan mencerminkan kekayaan budaya dan keunikan kota ini.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Binjai, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai warung dan kedai yang menyajikan kelezatan khas daerah ini. Binjai bukan hanya tentang pemandangan alamnya, melainkan juga tentang petualangan kuliner yang tak terlupakan. Selamat menikmati!

Kuliner Khas Binjai

Binjai is a city in North Sumatra, Indonesia, known for its delicious and unique cuisine. Here are five must-try culinary delights from Binjai:

1. Mie Balap A spicy noodle dish made with thick yellow noodles, shrimp, chicken, and a chili-infused broth. Mie Balap is a popular street food in Binjai and is often served with a side of lontong (rice cake).

2. Ayam Penyet A fried chicken dish that is smashed flat and served with a spicy sambal. Ayam Penyet is typically accompanied by rice, vegetables, and a fried egg.

3. Ikan Bakar Grilled fish is a popular dish in Binjai and is often served with a variety of sambals and side dishes. Ikan Bakar can be made with various types of fish, including tuna, mackerel, and snapper.

4. Rendang A slow-cooked beef dish that is one of the most popular Indonesian dishes. Rendang is made with a variety of spices, including chili, garlic, ginger, and turmeric.

5. Sate Padang Grilled skewered beef or chicken that is served with a peanut sauce. Sate Padang is a popular street food in Binjai and is often served with a side of ketupat (rice cake).

These are just a few of the many great dishes to try in Binjai. With so many options to choose from, you’re sure to find something to your taste.

Here are some additional tips for enjoying Binjai’s culinary scene:

  • Try different restaurants and street food stalls to find your favorites.
  • Don’t be afraid to ask for recommendations from locals.
  • Be prepared for spicy food!
  • Enjoy the unique flavors and textures of Binjai’s cuisine.

Binjai is a great place to experience the diverse and delicious cuisine of Indonesia. With so many options to choose from, you’re sure to find something to your taste.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *