5 Destinasi Kuliner di Medan yang Wajib Dikunjungi dan Sejarahnya

5 Destinasi Kuliner di Medan

BAGASTRAVEL – Medan ibu kota Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan Destinasi Kuliner di Medan. Kota ini memiliki beragam kuliner khas yang berasal dari berbagai etnis, mulai dari Batak, Melayu, Tionghoa, hingga India.

Bagi anak muda masa kini yang ingin mengeksplorasi kuliner Medan, berikut adalah lima destinasi kuliner yang wajib dikunjungi:

  • Mie Gomak

Mie Gomak merupakan salah satu kuliner khas Batak Toba yang berasal dari daerah Sibolga dan Tapanuli. Mie ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan ubi jalar. Mie Gomak disajikan dengan kuah santan yang gurih dan pedas, serta sayuran, seperti daun singkong, tauge, dan kol.

Mie Gomak pertama kali dibuat oleh seorang ibu bernama Gomak di Sibolga pada tahun 1930-an. Mie ini awalnya dibuat sebagai makanan sarapan untuk para nelayan. Namun, seiring berjalannya waktu, Mie Gomak menjadi salah satu kuliner khas Medan yang populer.

  • Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin merupakan salah satu kuliner khas Medan yang berasal dari daerah Medan Petisah. Lontong ini terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang. Lontong Kak Lin disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, rendang, dan sayur nangka.

Lontong Kak Lin pertama kali dibuat oleh seorang wanita bernama Lin pada tahun 1960-an. Lin awalnya berjualan lontong di pinggir jalan di Medan Petisah. Namun, seiring berjalannya waktu, Lontong Kak Lin menjadi salah satu kuliner khas Medan yang populer.

  • Durian Ucok

Durian Ucok merupakan salah satu tempat kuliner di Medan yang terkenal dengan durian nya. Tempat ini terletak di Jalan Sei Keramat, Medan. Durian Ucok menyajikan berbagai macam jenis durian, mulai dari durian lokal hingga durian impor.

Durian Ucok pertama kali dibuka oleh seorang pria bernama Ucok pada tahun 1980-an. Ucok awalnya berjualan durian di pinggir jalan di Jalan Sei Keramat. Namun, seiring berjalannya waktu, Durian Ucok menjadi salah satu tempat kuliner durian yang populer di Medan.

5 Destinasi Kuliner Medan

  • Lapet/Lampet

Lapet/Lampet merupakan salah satu kuliner khas Tapanuli yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Lapet/Lampet disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, rendang, dan sayur nangka.

Lapet/Lampet telah ada sejak zaman dahulu. Lapet/Lampet awalnya dibuat sebagai makanan pokok oleh masyarakat Tapanuli. Namun, seiring berjalannya waktu, Lapet/Lampet menjadi salah satu kuliner khas Tapanuli yang populer.

  • Nasi Kentut

Nasi Kentut merupakan salah satu kuliner khas Tapanuli yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kesembukan atau daun kentut. Nasi Kentut disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, rendang, dan sayur nangka.

Nasi Kentut pertama kali dibuat oleh masyarakat Tapanuli pada zaman dahulu. Nasi ini awalnya dibuat sebagai makanan pokok oleh masyarakat Tapanuli. Namun, seiring berjalannya waktu, Nasi Kentut menjadi salah satu kuliner khas Tapanuli yang populer.

Kelima destinasi kuliner di atas merupakan pilihan yang tepat bagi anak muda masa kini yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner Medan. Kuliner-kuliner tersebut memiliki cita rasa yang khas dan unik, serta memiliki sejarah yang menarik.(MIS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *