Kampung Nusantara, Wisata Kuliner yang Unik dan Menarik

Kampung Nusantara, Wisata Kuliner yang Unik dan Menarik

BAGASTRAVEL – Kampung Nusantara merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang terletak di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Tempat ini menawarkan wisata kuliner tradisional yang unik dan menarik, dengan konsep pasar tempo dulu.

Kampung Nusantara berlokasi di Jalan Lintas Sumatera Km 30, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Lokasinya cukup strategis, karena berada di jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Medan dengan Pekanbaru.

Kampung Nusantara didirikan pada tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara. Tempat ini bertujuan untuk melestarikan kuliner tradisional dan budaya lokal.

Saat memasuki Kampung Nusantara, pengunjung akan disambut dengan suasana pasar tempo dulu. Jalanan dihiasi dengan lampu-lampu lampion dan berjejer deretan kedai-kedai yang menjual aneka jajanan dan makanan tradisional.

Yang unik dari Kampung Nusantara adalah sistem pembayarannya. Pengunjung harus menukarkan uang rupiah dengan koin Nusan terlebih dahulu. Koin Nusan memiliki berbagai macam denominasi, mulai dari 1 Nusan hingga 100 Nusan.

Koin Nusan dapat dibeli di loket yang tersedia di Kampung Nusantara. Harganya pun terjangkau, yaitu Rp100 per koin. Pengunjung dapat menukar koin Nusan kembali menjadi uang rupiah setelah selesai berwisata kuliner.

Di Kampung Nusantara, pengunjung dapat menikmati berbagai macam jajanan dan makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Ada lontong sayur, gado-gado, soto ayam, bakso, nasi goreng, mie goreng, dan masih banyak lagi. Semua makanan dan jajanan di Kampung Nusantara dimasak dengan cara tradisional, tanpa menggunakan bahan pengawet.

Semua kuliner yang disajikan di Kampung Nusantara dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet. Hal ini bertujuan untuk menjaga cita rasa dan kualitas kuliner tradisional.

Kampung Nusantara, Wisata Kuliner yang Unik dan Menarik

Berikut adalah beberapa jajanan dan makanan tradisional yang dapat dinikmati di Kampung Nusantara:

  • Lontong sayur

Lontong sayur adalah salah satu jajanan tradisional yang paling populer di Indonesia. Lontong sayur di Kampung Nusantara terbuat dari lontong yang dipotong-potong, disiram kuah sayur yang kental dan gurih, dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk, seperti telur, ayam, dan tempe.

  • Gado-gado

Gado-gado adalah salad khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti kangkung, tauge, bayam, dan kol. Sayuran-sayuran tersebut direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang kental dan gurih.

  • Soto ayam

Soto ayam adalah sup ayam khas Indonesia yang berkuah bening dan gurih. Soto ayam di Kampung Nusantara disajikan dengan nasi, suwiran ayam, tauge, kol, dan bawang goreng.

  • Bakso

Bakso adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang paling populer. Bakso di Kampung Nusantara terbuat dari daging sapi yang digiling halus dan dibentuk bulat-bulat. Bakso disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan dilengkapi dengan mie, sayuran, dan bawang goreng.

  • Nasi goreng

Nasi goreng adalah hidangan nasi yang digoreng dengan bumbu-bumbu dan berbagai macam topping, seperti telur, ayam, dan sayuran. Nasi goreng di Kampung Nusantara dimasak dengan menggunakan resep tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

  • Mie goreng

Mie goreng adalah hidangan mie yang digoreng dengan bumbu-bumbu dan berbagai macam topping, seperti telur, ayam, dan sayuran. Mie goreng di Kampung Nusantara dimasak dengan menggunakan resep tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Kampung Nusantara

Selain menikmati kuliner tradisional, pengunjung juga bisa berkeliling Kampung Nusantara untuk melihat berbagai macam kerajinan tangan dan souvenir khas Labuhan Batu Utara.

Kampung Nusantara buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Harga makanan dan minuman di Kampung Nusantara cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Kampung Nusantara merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Wisata kuliner ini menawarkan sensasi berwisata kuliner tempo dulu yang unik dan berkesan.

Selain itu, berbagai macam jajanan dan makanan tradisional yang disajikan di Kampung Nusantara juga memiliki cita rasa yang lezat..(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *