Keindahan dan Keanekaragaman Hayati Rawa Lae Terup

Rawa Singkil
Source: Pinterest

Aceh – Rawa Lae Terup, atau yang lebih dikenal dengan Rawa Singkil, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Rawa ini merupakan habitat bagi berbagai macam flora dan fauna, sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Lae Terup merupakan sebuah rawa gambut yang luasnya mencapai sekitar 3.000 hektar. Rawa singkil ini terletak di kaki Gunung Leuser, sehingga memiliki air yang jernih dan segar. Di dalam rawa ini terdapat berbagai macam tumbuhan, seperti pohon bakau, nipah, dan pandan. Selain itu, rawa ini juga merupakan habitat bagi berbagai macam hewan, seperti buaya, ular, burung, dan ikan.

Bacaan Lainnya

Keanekaragaman hayati yang tinggi menjadikan rawa singkil sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam rawa ini dengan berkeliling menggunakan perahu. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan berbagai kegiatan lain, seperti memancing, bird watching, dan berkemah.

Untuk menuju rawa tersebut, wisatawan dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Singkil. Perjalanan dari Kota Singkil ke Lae Terup memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah sampai di Lae Terup, wisatawan dapat menyewa perahu untuk berkeliling rawa.

Berikut adalah beberapa tips untuk berwisata ke Lae Terup:

  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan-jalan di rawa.
  • Bawalah tabir surya dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman karena di sekitar rawa singkil tidak terdapat banyak warung makan.
  • Berhati-hatilah dengan hewan-hewan yang ada di rawa.

Lae Terup merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh Singkil. Rawa ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan keanekaragaman hayati yang tinggi.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *