Desa Paloh Naga, Destinasi Wisata Alam dan Budaya di Sumut

Desa Paloh Naga

BAGASTRAVEL – Desa Wisata Paloh Naga terletak di Desa Denai Lama, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Desa ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Kota Medan. Desa Wisata Paloh Naga menawarkan keindahan alam dan kearifan lokal yang patut untuk dikunjungi.

Keindahan Alam

Bacaan Lainnya

Desa Wisata Paloh Naga memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Salah satu daya tariknya adalah keberadaan hutan mangrove yang masih asri. Hutan mangrove ini membentang sepanjang sekitar 2 kilometer. Pengunjung dapat menyusuri hutan mangrove ini dengan menggunakan perahu.

Selain hutan mangrove, Desa Wisata Paloh Naga juga memiliki sungai yang jernih dan air terjun yang indah. Sungai ini dikenal dengan nama Sungai Ular. Pengunjung dapat berenang, memancing, atau sekadar bersantai di tepi sungai ini.

Kearifan Lokal

Selain keindahan alam, Desa Wisata Paloh Naga juga memiliki kearifan lokal yang masih kental. Salah satu kearifan lokal yang masih dilestarikan adalah tradisi gotong royong. Masyarakat Desa Wisata Paloh Naga selalu bergotong royong dalam mengerjakan sesuatu, baik itu pembangunan desa, acara adat, maupun kegiatan lainnya.

Kearifan lokal lainnya yang masih dilestarikan adalah tradisi memancing dengan menggunakan umpan getah. Tradisi ini sudah dilakukan oleh masyarakat Desa Wisata Paloh Naga sejak dahulu kala.

Fasilitas

Desa Wisata Paloh Naga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat menemukan berbagai suvenir khas Desa Wisata Paloh Naga di toko-toko yang ada di desa ini.

Aksesibilitas

Desa Wisata Paloh Naga dapat diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute Medan – Tanjung Morawa – Denai Lama. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus dari Terminal Amplas atau Terminal Sari Rejo menuju Tanjung Morawa.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips untuk berkunjung ke Desa Wisata Paloh Naga:

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Bawalah tabir surya dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Desa Wisata Paloh Naga.
  • Patuhi peraturan yang berlaku di Desa Wisata Paloh Naga.

Desa Wisata Paloh Naga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Desa ini menawarkan keindahan alam dan kearifan lokal yang patut untuk dilestarikan.(MIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *