Pantai Bunga Laut Kabupaten Batubara – Sumatera Utara

Pantai Bunga Laut

Lokasinya Sekitar satu jam dari Kota Tanjung Balai Sumatera Utara terdapat sebuah tempat wisata yang cukup digemari masyarakat sekitar. Pantai Bunga Laut namanya. Pantai ini terletak di wilayah pesisir timur Sumatera Utara dan berada di daerah Kabupaten Batubara.

Wisata Pantai Bunga memiliki tanah berpasir yang sangat putih. Akan tetapi, pantai ini sangat kecil dan minim wahana-wahana wisata. Tempatnya pun terasa kurang terurus meskipun relatif bersih dibanding pantai terkenal lain. Panjang lokasi wisata hanya sekitar 100-200 meter saja.

Sekitaran Pantai Bunga sebenarnya ada objek wisata pantai-pantai lain loh seperti Pantai Sejarah dan Pantai Datuk, tetapi yang saya dan keluarga kunjungi waktu itu adalah Pantai Bunga ini. Masuk pantai ini dari jalan raya luar juga cukup jauh, belasan kilometer. Di jalan ini kita disuguhi pemandangan pepohonan sawit dan daerah perkebunan. Jalannya juga cukup bagus dan lancar.

Untuk Masuk ke daerah Pantai Bunga kita diharuskan membayar tiket masuk. Pantai ini gemar dikunjungi orang karena tempatnya lumayan dan tiketnya paling murah katanya, hanya Rp. 10.000,- per orang saja.

Dekat pusat wisata Pantai Bunga terdapat jalan panjang yang berpasir putih. Kita bisa berjalan-jalan disini sambil menikmati pemandangan. Saya tidak tahu persis kemana ujung jalan akan membawa kita, mungkin ke pantai sebelah. Oh, ya pasir putih di Pantai Bunga ini sudah sedikit loh sebenarnya. Konon katanya beberapa puluh tahun lalu pasirnya dijual ke Singapura untuk dipakai di sana.

Wisata Pantai ini tidak cocok untuk berenang. Bisa sih, tetapi saya sarankan tidak. Alasannya karena air pantai cenderung coklat dan pantai sangat berpasir sehingga tampak kotor. Pantai ini cocok untuk duduk bersantai sambil menikmati hembusan angin laut dan keindahan pasir putih.

Di pinggir pantai tersedia banyak (apa itu namanya) panggung tempat duduk yang bisa disewa. Harga sewanya bergantung nego dengan pemiliki panggung. Sambil berduduk santai bersama keluarga, kita bisa memesan makanan seperti ikan bakar, kerang, dan makanan laut lainnya.

Wisatawan jika ingin berputar ke laut, kita bisa menyewa salah satu sampan [dan pengemudinya tentu]. Seperti sampan pada umumnya, sampan ini dijalankan dengan mesin tunggal dan dayuh. Ombak lautnya cukup kencang jadi mungkin agak seram naiknya. Kita bisa memilih satu dari dua paket perjalanan, dekat dan jauh.

Paket perjalanan jauh akan membawa kita sampai ke tengah laut dekat mercusuar dan mungkin bisa melihat pantai lain. Karena waktu itu sudah sore, saya dan keluarga memilih paket yang dekat saja, hanya memutar daerah Pantai Bunga dan sekitar. Berapa biaya menyewa sampan ini saya lupa.

Pantai ini termasuk objek wisata yang digemari warga sekitar. Akan tetapi, bagi orang yang sudah menyicipi pantai-pantai spektakuler lain di Indonesia mungkin akan merasa kecewa dengan pantai ini, karena memang terlalu biasa saja.

Hampir tidak ada kelebihan pantai ini selain pasir putihnya yang sudah surut dan makan sambil bersantainya. Walaupun begitu, bolehlah main-main kesini bila kebetulan Anda lewat daerah Batubara dan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *