Wisata Pantai Barus Sibolga Tapanuli Tengah

Pantai Barus Sibolga

Ayo Siapa yang tak kenal Barus? Kota kecil tersebut dahulu sangat populer pada masa perdagangan. Banyaknya tempat wisata anyar di Barus bisa jadi tujuan yaitu Pantai Barus.

Nama Barus merupakan kelurahan seluas 14 hektar yang berjarak sekitar 75,5 km dari Pandan dan lebih dekat dari Sibolga lantaran hanya terpaut 66,7 km. Walaupun demikian, penduduk Barus justru masuk wilayah administrative Tapanuli Tengah.

Barus ialah keberadaan pusat peradaban islam yang disebut tertua di wilayah pulau Sumatera. Tidak hanya itu, kontur perbukitan dan laut pesisir sekaligus membuat daerah bersejarah ini memiliki kawasan teluk yang indah.

Tempat Wisata di Barus

Banyak dari kita yang berpikir tentang kapur barus dan destinasi religi. Sejatinya, ada beragam rekomendasi tempat wisata di Barus yang seru untuk dikunjungi. Seperti 5 destinasi wajib yang ulas berikut:

Pantai Barus

Wisata Pantai Barus adalah tempat wisata yang cantik di sekitar Pelabuhan Barus. Alamnya masih begitu asri,  menyajikan panorama pasir putih dan laut biru memanjakan mata.

Dari sepanjang garis pantai ini telah dibangun dermaga kapal yang menjorok ke laut.

Di Pelabuhan ini sama sekali belum difungsikan dan hanya dimanfaatkan kapal nelayan. Karenanya, pengunjung leluasa berjalan-jalan di atas dermaga tersebut, entah untuk memandang-mandang atau sekedar merasakan lembutnya angin laut.

Wisata ini berada di pusat ibukota kecamatan yai Nah, tak terlalu jauh dari lokasi itu terdapat penginapan murah. Bagi wisatawan yang misalnya datang dari luar kota dan terpaksa bermalam. Dapat menginap di Hotel.

Agak Berbeda dengan tugu 0 km wisata Sabang yang ditetapkan berdasarkan titik koordinat khatulistiwa, maka tugu nol di Barus merupakan tugu yang justru sengaja dibuat untuk memperingati, tentang pintu masuknya agama islam pertama di Sumatera Utara.

Wisata sejarah di Barus ini terletak di pantai. Bangunannya berbentuk bola dunia di bagian puncak sedangkan penyangganya terdiri dari tiga buah pilar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *