Gunung Tertinggi Di Indonesia Ini Buat Mata Melongo

Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung Tertinggi Di Indonesia – Indonesia adalah negara kepulauan dengan kekayaan alam yang luar biasa juga dianugerahi dengan gunung-gunung tinggi yang menantang dan menakjubkan. Di antara deretan gunung tersebut, Puncak Jaya di Papua menjulang tinggi sebagai puncak tertinggi di Indonesia, bahkan di seluruh Australasia dan Oceania.

Puncak Jaya, yang juga dikenal sebagai Carstensz Pyramid, memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini menjadikannya puncak tertinggi di Indonesia, mengalahkan Gunung Everest di Himalaya yang “hanya” mencapai 4.884,86 meter.

Bacaan Lainnya

Puncak Jaya terletak di Papua, provinsi paling timur Indonesia. Akses menuju puncaknya terbilang sulit dan terpencil, membutuhkan perjalanan panjang dan trekking yang menantang. Hal ini menjadikan pendakian Puncak Jaya sebagai petualangan yang istimewa dan eksklusif.

Meskipun pendakiannya penuh tantangan, Puncak Jaya menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dari puncaknya, Anda dapat menikmati panorama pegunungan yang megah, gletser yang berkilauan, dan lembah-lembah yang hijau. Keindahan alam di Puncak Jaya dijamin akan membuat mata Anda melolongo dan takjub.

Pendakian Puncak Jaya bukanlah pendakian yang mudah. Pendaki harus menghadapi medan yang terjal, cuaca yang ekstrem, dan risiko pendakian gunung tinggi. Persiapan fisik dan mental yang matang, serta pendampingan oleh guide berpengalaman, sangatlah penting untuk pendakian yang aman dan sukses.

Puncak Jaya pertama kali didaki pada tahun 1962 oleh sebuah ekspedisi Belanda. Sejak saat itu, gunung ini telah menjadi tujuan pendakian bagi para pendaki gunung dari seluruh dunia yang ingin merasakan sensasi mencapai puncak tertinggi di Australasia dan Oceania.

Keberadaan Puncak Jaya sebagai gunung tertinggi di Indonesia menjadi simbol keindahan alam dan keberanian bangsa. Mendaki Puncak Jaya bukan hanya tentang mencapai puncak, tetapi juga tentang menantang diri sendiri dan menjelajahi keagungan alam Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaki Puncak Jaya, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan matang, baik secara fisik, mental, maupun logistik. Pendakian Puncak Jaya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan penuh makna.

Muncak atau mendaki gunung adalah aktivitas yang menantang. Selain itu, setiap gunung di Indonesia punya pesona dan tantangan yang berbeda. Bagi Anda yang hobi naik gunung dan ingin menjadi pendaki ulung, wajib untuk menaklukkan 11 gunung tertinggi di Indonesia ini. Berikut daftarnya:

Gunung Jaya Wijaya (Carstensz)

Gunung Tertinggi Di Indonesia Ini Buat Mata Melongo
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Jika Anda mengira gunung tertinggi di Indonesia terletak di Pulau Jawa, itu keliru. Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya atau yang kerap disebut Carstensz dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Gunung Jaya Wijaya adalah bagian dari barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Puncak Jaya merupakan gunung yang terdapat gletser atau salju yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia. Bernama Carstensz, gletser tersebut adalah gletser tropika yang kini menipis karena pemanasan global. Hebatnya lagi, Gunung Jaya juga masuk dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia.

Puncak yang tertutup salju dan jalur pendakian yang menantang, membuat Gunung Jaya Wijaya sulit untuk ditaklukkan bahkan dikenal mematikan. Namun, bukan berarti pendaki pemula tidak bisa menaklukkan gunung ini. Anda hanya perlu persiapan ekstra untuk mendaki Gunung Jaya Wijaya.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Setelah muncak dari timur Indonesia, kini saatnya Anda mendaki Gunung Kerinci yang ada di Pulau Sumatera. Letaknya ada di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi, tepatnya di dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang juga menjadi taman nasional terbesar di Indonesia.

Gunung Kerinci layak dinobatkan sebagai Seven Summit Indonesia karena memiliki ketinggian 3.805 mdpl dan menyandang status sebagai gunung tertinggi di Sumatera. Gunung Kerinci adalah gunung aktif dengan kawah pada puncaknya yang memiliki kedalaman 600 meter dan luas sekitar 48.000 meter persegi.

Gunung Rinjani

Rinjani
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil.

Danau kaldera yang berada di puncak Gunung Rinjani menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki. Sementara, Gunung Rinjani dipercaya sebagai pusat dari semesta tata ruang oleh masyarakat setempat. Bagi warga Sembalun atau Senaru, Gunung Rinjani diyakini dikendalikan oleh ratu jin yang bernama Dewi Anjani.

Gunung Semeru

Semeru
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Pulau Jawa, ada Gunung Semeru yang juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Mirip seperti Gunung Kerinci, Gunung Semeru juga merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia.

Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Selain itu, Gunung Semeru juga masuk ke dalam pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Medan yang bervariasi membuat banyak pendaki tertantang untuk menaklukkan Gunung Semeru.

Gunung Sanggar

Sanggar
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Gunung Sanggar mungkin belum banyak dikenal orang. Padahal, gunung yang terletak di Lombok, NTB ini berada di ketinggian 3.564 mdpl.

Kawasan yang sama dengan Gunung Rinjani, pesona Gunung Sanggar mungkin kalah populer. Meski begitu, keindahan alam Gunung Sanggar juga tak kalah menakjubkan. Bagi Anda yang mendaki gunung ini bakal dibuat terpukau dengan pemandangan awan-awan yang membentang di sepanjang puncaknya.

Gunung Latimojong

Latimotjong
Doc. Photo by Warta Indonesia Online

Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya yang berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung tertinggi di Sulawesi ini memiliki puncak tertinggi bernama Bulu Rante Mario dengan ketinggian 3.340 mdpl.

Pegunungan ini bukan gunung berapi seperti gunung-gunung lain di beberapa wilayah Indonesia, melainkan gunung non-vulkanologi. Jika tertarik mendaki gunung ini, Anda berkesempatan menemukan fauna peralihan seperti anoa hingga babi hutan.

Gunung Slamet

Doc. Photo by Travel Kompas
Doc. Photo by Travel Kompas

Ada Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini memiliki julukan atap Jawa Tengah dan terletak di antara 5 kabupaten, yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes.

Salah satu gunung berapi aktif, Gunung Slamet masih punya kawah yang mengeluarkan asap. Jalur pendakian gunung ini didominasi dengan batuan, kerikil, dan pasir yang membuat licin serta mudah longsor. Jadi, pastikan Anda selalu waspada jika ingin menaklukkan Gunung Slamet.

Gunung Sumbing

5f65a842d8d53
Doc. Photo by Travel Kompas

Gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Sumbing yang merupakan destinasi pendakian yang cukup populer. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl dan merupakan salah satu gunung berapi aktif.

Gunung Sumbing terletak di tiga wilayah berbeda, yakni Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Ada tiga jalur pendakian yang umumnya dipilih untuk mencapai puncak gunung ini. Pertama adalah jalur Cepit Parakan, jalur Desa Garung, dan terakhir melalui jalur Bogowongso.

Gunung Arjuno

Ada Gunung Arjuno yang punya ketinggian 3.339 mdpl. Gunung ini berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo dan merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Letak administratif Gunung Arjuno ada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Welirang, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang.

Gunung Raung

Jawa Timur, ada juga Gunung Raung yang memiliki tinggi 3.332 mdpl. Gunung ini terletak di tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur.

Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif yang memiliki jenis kawah terbuka. Terdapat empat puncak di Gunung Raung, yakni Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati.

+ Bonus
Gunung Lawu

0 87117200 1572802945 gununglawu jpg
Doc. Photo by Republika

Ada Gunung Lawu yang terletak di antara perbatasan dua provinsi, yakni, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Posisi Lawu tepatnya meliputi Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, serta Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl dengan tiga puncak sakral, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan yang paling tinggi adalah Hargo Dumilah. Sejarah dan legenda di Gunung Lawu sering dihubungkan dengan legenda Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Kerajaan Majapahit.

Daftar 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Jaya Wijaya atau Carstensz (4.884 mdpl)

Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Sanggar (3.564 mdpl)

Gunung Latimojong (3.340 mdpl)

Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Arjuno (3.339 mdpl)

Gunung Raung (3.332 mdpl)

Berikut beberapa tips untuk pendakian Puncak Jaya:

  • Lakukan latihan fisik secara rutin untuk meningkatkan stamina dan kekuatan.
  • Perdalam pengetahuan tentang pendakian gunung tinggi dan teknik pendakian es.
  • Gunakan peralatan pendakian yang berkualitas dan sesuai dengan medan.
  • Pilihlah operator pendakian yang berpengalaman dan terpercaya.
  • Patuhi aturan dan protokol pendakian yang berlaku.
  • Hormati alam dan budaya setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *